Tema Lagu Yahudi Pop Dunia Paling Populer

Bicara tentang lagu Yahudi, publik dunia pun tahu bahwa musisi terkenal seperti Justin Bieber sering kali merilis lagu tentang keagamaan. Tak hanya dia, legenda musik Bob Marley pun pernah menyertakan lagu bertema Yahudi ke dalam albumnya.

Dan berikut ini merupakan tangga lagu Yahudi bernuansa pop dunia yang paling terkenal dari dulu hingga kini. Oleh sebab itu simak baik – baik ulasan lengkapnya!

  1. Are You Gonna Go My Way (Lenny Kravitz)
    Pecinta musik dunia tentu tahu siapa Lenny Kravitz. Seniman ternama ini mulai tertarik untuk mengangkat lagu keagamaan dalam sebuah albumnya. Lagu berjudul “Are You Gonna Go My May” ini menceritakan tentang sosok mesias. Di dalam lagunya, terdapat lirik yang menjuru pada sisi ketuhanan yaitu I am the chosen, I am the one. But what I really want to know are you going to go my way”. Sisi menariknya terletak pada tulisan tato di punggungnya “My heart belongs to Jesus.”
  2. You Got The Love (Candi Staton)
    Di era 80-an muncul penyanyi berbakat bernama Candi Staton. Judul lagu tersebut telah populer di pasaran. Namun beberapa tahun kemudian, dirinya keluar dari blantika musik dan menghabiskan waktunya di gereja. Uniknya lagi, aliran musik tersebut terlantunkan pada perjuangan para pria gemuk dalam upaya menurunkan berat badan. Beberapa anggapan beredar bahwa lagu yang dimilikinya bernuansa iblis. Namun Staton sama sekali tidak menyadarinya bahwa laga tersebut menguatkan dirinya tentang ketuhanan.
  3. Until The End of The World (U2)
    U2 sempat mengalami berbagai masalah dalam karirnya. Para personelnya pun dikabarkan ingin keluar pasca terbitnya lagu “Until The end of The World”. Beberapa dari mereka lebih memilih untuk mengabdikan dirinya terhadap gereja. Pada umumnya, lagu – lagu yang mereka ciptakan berdasarkan ajaran kristen. Buktinya, mereka mengisahkan penyaliban Yesus. Lirik yang menggambarkan peristiwa itu adalah “I kissed your lips and broke your heart. You, you were acting like it was the end of the world.”
  4. Turn! Turn! Turn! (The Byrds)
    Di tahun 1965, The Byrds membuat sebuah lagu berjudul “Turn! Trun! Trun!”. Dimana makna lagu tersebut mengadopsi dalam salah satu ayat Alkitab pada saat Raja Salomo merenungkan tentang kekekalan, kehidupan dan ketuhanan. Tak heran ketika mereka memasukkan lirik lagu yang sesuai dengan makna tersebut. Seperti lirik “A time to be born, a time to dieA time to plant, a time to reapA time to kill, a time to healA time to laugh, a time to weep.”
  5. Let’s Go Crazy (Prince)
    Dan Prince dinilai cukup berani melantunkan lagu “Let’s Go Crazy”. Menariknya yaitu tak sedikit orang yang mampu menangkap pesan lagu keagamaan tersebut. Sejatinya makna lagu tersebut yaitu melepaskan diri dari godaan iblis. Akan tetapi nuansa lirik yang tertuang sedikit menguraikan tentang makna rancu. Inti pada lagu tersebut adalah orang – orang yang beriman akan mendapatkan surga. Dimana lirik yang menguatkan makna tersebut yakni “A world of never ending happiness [where] you can always see the sun, day or night.”
    Jadi kelima lagu pop di atas merupakan lagu Yahudi yang paling populer sepanjang masa. Hingga detik ini sejumlah musikus dunia mulai meramaikan alunan lagu bertema Ibrani dan Yahudi sebagai pelengkap koleksi album terbarunya.